Saturday, November 24, 2012

Yayasan

BERBAGI UNTUK BEBAS DARI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN


Pada Tahun 1999 inisiasi untuk melakukan gerakan anti diskriminasi terhadap perempuan sudah dilakukan oleh sekelompok orang yang mempunyai concern terhadap isu kesetaraan Gender di Jombang. Aktifitas yang dilakukan saat itu hanya sebatas penyadaran masyarakat melalui ceramah-ceramah di komunitas perempuan desa atau kelurahan, dan sampai pada kebutuhan masyarakat untuk melakukan pendampingan terhadap kasus kekerasan terhadap perempuan. Informasi stake holder dan media tentang kasus kekerasan terhadap perempuan bahkan pengaduan korban sendiri, sehingga sekelompk orang ini harus meningkatkan kapasitasnya dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan dinamika masyarakat. Akhirnya Technical Assistance dilakukan oleh Rifka Annisa WCC Yogyakarta (waktu itu) untuk memberikan referensi pengalamannya agar dapat menjadi lessons learn dalam melakukan gerakan ini. Akhirnya sekelompok orang ini melembagakan komitmen dalam organisasi yang bernama Rifka Annisa WCC Jombang.


Proses dan dinamika organisasi berjalan sambil terus melakukan kegiatan yang bersifat penyadaran kepada masyarakat, sounding organisasi, kampanye dan pendampingan terhadap perempuan korban kekerasan. Upaya menemukan langkah-langkah strategis dalam mengimplementasikan program tetap dilakukan, sampai pada evaluasi program dan management organisasi. Pada tahun 2000 organisasi ini berubah nama menjadi Women’s Crisis Center Jombang (WCC Jombang). Dan pada tahun 2004 dibentuklah Yayasan Hamoni yang terdiri dari orang-orang yang awalnya menginisiasi organisasi ini agar dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan organisasi ini dan menaungi WCC Jombang dalam managementnya.


Yayasan Harmoni mempunyai mandat antara lain:

  • Pengembangan visi dan misi organisasi
  • Peningkatan kapasitas SDM
  • Management keuangan dan fundrising
  • Task force program penguatan ekonomi perempuan.
  • Membangun stake holder dan pihak-pihak yang mempunyai komitmen sama untuk gerakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan.

Sampai saat ini kami mempunyai beberapa follow-up dari program sebelumnya yang membutuhkan komitmen dari insitusi atau person untuk melakukan penghapusan kekerasan terhadap perempuan. Silahkan menghubungi kami apabila anda atau institusi anda mempunyai komitmen untuk mendukung perempuan menjadi lebih baik.